Minggu, 03 Oktober 2010

Etika bisnis

Nama : Edward Ferdinand
kelas : 4 ea 13
NPM : 10207377


Sering kali kita mengetahui dalam dunia bisnis tentang etika bisnis tapi mungkin kita agak susah untuk mengartikan dari kata – kata tersebut namun saya akan mengartikan apa yang dimaksud dengan etika bisnis .
Etika bisnis adalah sikap atau perbuatan dalam dunia bisnis yang setiap orang harus memiliki nya dengan maksud jika kita sudah bekerja dalam perusahaan kita harus berjiwa tegas dan bermoral .
Namun tidak hanya pengertian nya saja dalam etika bisnis ada suatu pendekatan dasar dalam merumuskan tingkah laku etika bisnis yaitu :
- Setiap tindakan harus didasarkan pada konsekuensinya. Oleh karena itu, dalam bertindak seseorang seharusnya mengikuti cara-cara yang dapat memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat, dengan cara yang tidak membahayakan dan dengan biaya serendah-rendahnya.
- Setiap orang dalam tindakan dan kelakuannya memiliki hak dasar yang harus dihormati. Namun tindakan ataupun tingkah laku tersebut harus dihindari apabila diperkirakan akan menyebabkan terjadi benturan dengan hak orang lain.
- Para pembuat keputusan mempunyai kedudukan yang sama, dan bertindak adil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan baik secara perseorangan ataupun secara kelompok.
Etika bisnis dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai yang tinggi, diperlukan suatu landasan yang kokoh.
Biasanya dimulai dari perencanaan strategis , organisasi yang baik, sistem prosedur yang transparan didukung oleh budaya perusahaan yang andal serta etika perusahaan yang dilaksanakan secara konsisten dan konsekuen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar